MULTIMEDIA INTERAKTIF


BAB 1 : KONSEP MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS
HALAMAN WEB MEDIA INTERAKTIF

A.      Definisi Multimedia Interaktif
Multimedia adalah merupakan kombinasi dari teks, foto, seni grafis, suara, animasi, dan elemen-elemen video yang di manipulasi secara digital. Ketika anda mengizinkan pengguna akhir pemirsa dari proyek multimedia – mengontrol apa dan kapan elemen-elemen tersebut kan dikirimkan, multimedia disebut multimedia interaktif.
Multimedia interaktif adalah gabungan antara teks, foto, seni grafis , suara, animasi, dan video serta medan berkomunikasi dengan produk multimedia.
Multimedia interaktif dimanfaatkan secara luas pada kehidupan masyarakat. Multimedia interaktif dalam bidang pendidikan/sekolah antara lain preesentasi, simulasi pembelajaran, dan pembelajaran interaktif. Dan dalam di tempat umum contohnya informasi yang diletakkan di hotel, stasiun kereta api, dan mal pembelajaran.

B.      Konsep dasar multimedia interaktif
Produk multimedia berdasarkan karakteristiknya dibagi menjadi dua kategori yaitu multimedia linier dan multimedia interaktif/non linier. Multimedia linier merupakan produk multimedia yang dimulai dari awal menuju akhir dengan sedikit atau tanpa interaksi dengan pengguna, contoh: televise, film, majalah, dan koran. Sedangkan multimedia interaktif/non linier adanya control dengan pengguna.
                Level interaktivitas dalam pembelajaran berbasis computer
1.       Umpan balik, merupakan tingkat interaktif yang paling rendah,berkaitannya dengan umpan balik terhadap tindakan pengguna yang telah ditentukan sebelumnya, misalnya langkah-langkah penyelesaian masalah, pertanyaan jawaban, tombol lanjut dan lain sebagainya.
2.       Manipulasi, meliputi perubahan secara real time atau transformasi informasi sebagai tanggapan atas tindakan pengguna, tingkat manipulasi menyediakan tanggapan yang fleksibel dengan bervariasi.
3.       Adaptasi, meliputi tanggapan yang disesuaikan dengan kebiasaan pengguna sebelumnya, secara dinamis menyesuaikan pilihan tugas pembelajaran, prosedur dan format intstruksional berdasarkan informasi tentang tindakan dan keniasaan pengguna sebelumnya secara online.
4.       Komunikasi, diwujudkan dengan lingkungan pembelajaran online dinasis dan fleksibel, tanggapan terhadap tindakan pengguna tidak ditentukan sebelumnya.
Model multimedia interaktif
1.       Model tutorial merupakan salah satu jenis model yang memuat penjelasan, rumus, prinsip bagan, table, definisi istilah, dan percabangan yang sesuai.
2.       Model drill and practice merupakan model yang tidak memuat dari materi tetapi langsung pada berlatih dan praktik sesuai dengan teori yang pernah diperoleh sebelumnya.
3.       Model simulasi merupakan model yang disesuaikan dengan kenyataaan yang sebenarnyan yang dihadapi oleh pengguna dengan tujuan untuk memperoleh pengertian global tentang proses.
4.       Model instrukstional games merupakan model yang berisi tata cara menjalankan/suatu prosedur menjalankan proyek multimedia interaktif. Manfaat model ini adalah untuk meningkatkan kemampuan memahami suatu prosedur.
5.       Model hybrid merupakan gabungan dari dua atau lebih model multimedia interaktif. Contoh model hybrid adalah pengabungan model tutorial dengan modell drill and practice dengan tujuan memperkarya kegiatan pengguna dalam memahami informasi/pengetahuan yang disampaikan pada multimedia interaktif.
6.       Model Socratic merupakan model yang breisi percakapaan atau dialog antara pengguna dengan computer dalan natural laguane.
7.       Model Inquiry merupakan suatu sistem sebagai pangkalan data dan dapat dikonsultasikan dengan pengguna, pangkalan data berisi data yang dapat memperkarya pengetahuan pengguna.
8.       Model Informasi menyajikan informasi dalam bentuk daftar atau table. Informasi sangat dibutuhkan sebagai sumber informasi yang memuat interaksi sedikit dari pengguna.

C.      Website Miltimedia Interaktif
Konsep adalah sesuatu yang dapat dipahami atau abstraksi suatu ide atau gambaran mental. Sedangkan konsep multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif adalah memahami pemanfaatan computer untuik membuat dan menggunakan teks, gambar, suara, video, dan animasi dengam mengabungkan perangkat-perangkat tertentu yang dapat memungkinkan pengguna melakukan navigasi, berinteraksi dan berkomunikasi baik berbasis halaman web maupun media interaktif.
Interaksi adalah suatu fitur yang menonjol dalam multimedia yang memungkinkan pembelajaran yang aktif (active learning). Pembelajaran yang aktif tidak saja memungkinkan pengguna melihat atau mendengar (see and hear) tetapi juga melakukan sesuatu (do). Dalam konteks multimedia do disini dapat beerupa memberikan respon terhadap pertanyaan yang diajukan computer atau aktif dalam simulasi yang disediakan computer.
Multimedia berbasis web menandung lebih dari satu jenis media biasanya suara, video, atau animasi, di samping teks gambar.
                Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Web berbasis Multimedia
                Keuntungan:
·         Dapat mengatasi berbagai gaya belajar
·         Belajar dengan sistem visual
·         Belajar secara auditori
·         Kinestetik peserta didik
·         Bahan lebih menarik dan menyenangkan
·         Banyak ide-ide lebih mudah untuk menyampaikan
Kekurangan:
·         Waktu dan biaya pengembangan
·         Kompatibilitas dan waktu download untuk multimedia berbasis Web

Sebenarnya World Wide Web pada awal diluncurkan pada tahun 1989 didesain bukan untuk multimedia tetapi untuk pengiriman dokumen berformat HTML dengan menambahkan gambar dan ilustrasi garis.
Pada tahap awal teks dan gambar merupakan penyusunan utama sebuah World Wide Web dan dengan adanya tambahan interaktifitasnya. Awal interaktifitas dari sebuah web hanya sekedar link/menghubungkan ke web lain.
Dengan perkembangan smatphone, banyaknya aplikasi dibuat dengan berbasis HTML 5 merupakan suatu perkembangan yang luar biasa pesat. Aplikasi multimedia interaktif berbasis HTML 5 memiliki kelebihan yang luar biasa antara lain:
Lebih mudah dikembangkan karena Bahasa pemrograman yang dipakai merupakan Bahasa program yang banyak dipakai oleh sebagian besar pengembang softwere.
Mudah diupdate karena hal ini hanya dilakukan di server pusat maka setiap user akam mendapatkan update yang sama.
Akses informasi lebih mudah karena setiap user dapat mengaskes informasi dengan internet dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun.
Lebih murah dan powerful karena palikasi bisa digunakan pada semua perangkat yang sudah menyertakan browser.
Happy platform karena aplikasi ini bisa diakses menggunakan perangkat berbasis windows, linux, Ios, Mac OS, Blackbarry, Androit dan lainnya.
Bisa digunakan secara offline, walaupun sebagian besar aplikasi web diakses dengan internet tetapi bisa dijalankan secara offline.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MULTIMEDIA INTERAKTIF