MULTIMEDIA INTERAKTIF
BAB 1 : KONSEP
MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS
HALAMAN WEB MEDIA
INTERAKTIF
A. Definisi
Multimedia Interaktif
Multimedia adalah merupakan kombinasi dari teks, foto, seni grafis,
suara, animasi, dan elemen-elemen video yang di manipulasi secara digital.
Ketika anda mengizinkan pengguna akhir pemirsa dari proyek multimedia –
mengontrol apa dan kapan elemen-elemen tersebut kan dikirimkan, multimedia
disebut multimedia interaktif.
Multimedia
interaktif adalah gabungan antara teks, foto, seni grafis , suara, animasi, dan
video serta medan berkomunikasi dengan produk multimedia.
Multimedia
interaktif dimanfaatkan secara luas pada kehidupan masyarakat. Multimedia
interaktif dalam bidang pendidikan/sekolah antara lain preesentasi, simulasi
pembelajaran, dan pembelajaran interaktif. Dan dalam di tempat umum contohnya
informasi yang diletakkan di hotel, stasiun kereta api, dan mal pembelajaran.
B. Konsep
dasar multimedia interaktif
Produk multimedia berdasarkan karakteristiknya dibagi menjadi dua
kategori yaitu multimedia linier dan multimedia interaktif/non linier.
Multimedia linier merupakan produk multimedia yang dimulai dari awal menuju
akhir dengan sedikit atau tanpa interaksi dengan pengguna, contoh: televise,
film, majalah, dan koran. Sedangkan multimedia interaktif/non linier adanya
control dengan pengguna.
Level
interaktivitas dalam pembelajaran berbasis computer
1.
Umpan balik, merupakan tingkat interaktif yang
paling rendah,berkaitannya dengan umpan balik terhadap tindakan pengguna yang
telah ditentukan sebelumnya, misalnya langkah-langkah penyelesaian masalah,
pertanyaan jawaban, tombol lanjut dan lain sebagainya.
2.
Manipulasi, meliputi perubahan secara real time
atau transformasi informasi sebagai tanggapan atas tindakan pengguna, tingkat
manipulasi menyediakan tanggapan yang fleksibel dengan bervariasi.
3.
Adaptasi, meliputi tanggapan yang disesuaikan
dengan kebiasaan pengguna sebelumnya, secara dinamis menyesuaikan pilihan tugas
pembelajaran, prosedur dan format intstruksional berdasarkan informasi tentang
tindakan dan keniasaan pengguna sebelumnya secara online.
4.
Komunikasi, diwujudkan dengan lingkungan
pembelajaran online dinasis dan fleksibel, tanggapan terhadap tindakan pengguna
tidak ditentukan sebelumnya.
Model
multimedia interaktif
1.
Model tutorial merupakan salah satu jenis model
yang memuat penjelasan, rumus, prinsip bagan, table, definisi istilah, dan
percabangan yang sesuai.
2.
Model drill and practice merupakan model yang
tidak memuat dari materi tetapi langsung pada berlatih dan praktik sesuai
dengan teori yang pernah diperoleh sebelumnya.
3.
Model simulasi merupakan model yang disesuaikan
dengan kenyataaan yang sebenarnyan yang dihadapi oleh pengguna dengan tujuan
untuk memperoleh pengertian global tentang proses.
4.
Model instrukstional games merupakan model yang
berisi tata cara menjalankan/suatu prosedur menjalankan proyek multimedia
interaktif. Manfaat model ini adalah untuk meningkatkan kemampuan memahami
suatu prosedur.
5.
Model hybrid merupakan gabungan dari dua atau
lebih model multimedia interaktif. Contoh model hybrid adalah pengabungan model
tutorial dengan modell drill and practice dengan tujuan memperkarya kegiatan
pengguna dalam memahami informasi/pengetahuan yang disampaikan pada multimedia
interaktif.
6.
Model Socratic merupakan model yang breisi
percakapaan atau dialog antara pengguna dengan computer dalan natural laguane.
7.
Model Inquiry merupakan suatu sistem sebagai
pangkalan data dan dapat dikonsultasikan dengan pengguna, pangkalan data berisi
data yang dapat memperkarya pengetahuan pengguna.
8.
Model Informasi menyajikan informasi dalam
bentuk daftar atau table. Informasi sangat dibutuhkan sebagai sumber informasi
yang memuat interaksi sedikit dari pengguna.
C. Website
Miltimedia Interaktif
Konsep
adalah sesuatu yang dapat dipahami atau abstraksi suatu ide atau gambaran
mental. Sedangkan konsep multimedia interaktif berbasis halaman web dan media
interaktif adalah memahami pemanfaatan computer untuik membuat dan menggunakan
teks, gambar, suara, video, dan animasi dengam mengabungkan perangkat-perangkat
tertentu yang dapat memungkinkan pengguna melakukan navigasi, berinteraksi dan
berkomunikasi baik berbasis halaman web maupun media interaktif.
Interaksi
adalah suatu fitur yang menonjol dalam multimedia yang memungkinkan pembelajaran
yang aktif (active learning). Pembelajaran yang aktif tidak saja memungkinkan
pengguna melihat atau mendengar (see and hear) tetapi juga melakukan sesuatu
(do). Dalam konteks multimedia do disini dapat beerupa memberikan respon
terhadap pertanyaan yang diajukan computer atau aktif dalam simulasi yang
disediakan computer.
Multimedia
berbasis web menandung lebih dari satu jenis media biasanya suara, video, atau
animasi, di samping teks gambar.
Keuntungan
dan Kerugian Menggunakan Web berbasis Multimedia
Keuntungan:
·
Dapat mengatasi berbagai gaya belajar
·
Belajar dengan sistem visual
·
Belajar secara auditori
·
Kinestetik peserta didik
·
Bahan lebih menarik dan menyenangkan
·
Banyak ide-ide lebih mudah untuk menyampaikan
Kekurangan:
·
Waktu dan biaya pengembangan
·
Kompatibilitas dan waktu download untuk
multimedia berbasis Web
Sebenarnya World Wide Web pada awal diluncurkan pada tahun 1989
didesain bukan untuk multimedia tetapi untuk pengiriman dokumen berformat HTML
dengan menambahkan gambar dan ilustrasi garis.
Pada tahap awal teks dan gambar merupakan penyusunan utama sebuah World
Wide Web dan dengan adanya tambahan interaktifitasnya. Awal interaktifitas dari
sebuah web hanya sekedar link/menghubungkan ke web lain.
Dengan perkembangan smatphone, banyaknya aplikasi dibuat dengan
berbasis HTML 5 merupakan suatu perkembangan yang luar biasa pesat. Aplikasi
multimedia interaktif berbasis HTML 5 memiliki kelebihan yang luar biasa antara
lain:
Lebih mudah dikembangkan karena Bahasa pemrograman
yang dipakai merupakan Bahasa program yang banyak dipakai oleh sebagian besar pengembang
softwere.
Mudah diupdate karena hal ini hanya
dilakukan di server pusat maka setiap user akam mendapatkan update yang sama.
Akses informasi lebih mudah karena
setiap user dapat mengaskes informasi dengan internet dan dapat diakses
dimanapun dan kapanpun.
Lebih murah dan powerful karena
palikasi bisa digunakan pada semua perangkat yang sudah menyertakan browser.
Happy platform karena aplikasi ini bisa
diakses menggunakan perangkat berbasis windows, linux, Ios, Mac OS, Blackbarry,
Androit dan lainnya.
Bisa digunakan secara offline, walaupun
sebagian besar aplikasi web diakses dengan internet tetapi bisa dijalankan
secara offline.
Komentar
Posting Komentar